Kamis, 12 Maret 2015

Cari-cari Sekolah Paud-TK Seputar Sektor 9 Bintaro

Jumlah preschool - TK daerah Bintaro dan sekitarnya bertaburan bagai bintang di langit saking banyaknya. Berikut ini 4 sekolah pilihan Mameh dan Bebehnya Sera berdasarkan alasan kedekatan dengan rumah. 

Informasi yang kami gali dari sekolah meliputi lokasi, metode, tenaga pengajar, inklusif (anak berkebutuhan khusus bergabung dalam satu kelas), bahasa pengantar, kegiatan, fasilitas, biaya, dan website sekolah tersebut. Guna mendapatkan informasi lengkap, kami juga mewawancarai guru di sekolah tersebut.

1. Sekolah Alam Bintaro (SABIN) / Paud - TK - SD - SMP
Lokasi dan akses: 
Terletak di Jalan Pondok Pucung dekat Giant Bintaro, dari arah sektor 9 masuk lewat jalan utama arah McD lurus belok kiri ke jalan Pondok Pucung letak sekolahnya sebelah kiri.  Sekolah Alam Bintaro (SABIN) merupakan sekolah yang menerapkan sistem belajar dengan nuansa alam.  Memiliki luas lahan sekitar 1,3 hektar terdiri dari ruang kelas yang berbentuk saung-saung, kantin, aula, lapangan bermain, kandang kambing dan kelinci, serta rumah kaca untuk menanam tanaman.  Semuanya menunjang konsep belajar di alam.  

Metode:
Model pembelajaran yang ditawarkan bernuansa Islami dengan metode pengajaran tematik. Pelajaran dikelompokkan dalam tema tertentu, misalnya tema 'Bali', maka pelajaran menyesuaikan pembahasan tentang Bali dari mulai makanan daerah, tempat-tempat bersejarah, bahasa, dan lain sebagainya. 

Tenaga pengajar:
Sebutan terhadap pengajar mereka 'Bapak' dan 'Ibu' selain itu SABIN memiliki terapis dan psikolog bagi anak berkebutuhan khusus.  

Inklusif: Ya

Bahasa pengantar: Bahasa Indonesia

Kegiatan: Outbound, Pembelajaran Al-Quran, Market day, dll.

Fasilitas: Kantin, antar-jemput, ruang multimedia, aula, lapangan bermain, lahan kebun dan ternak, dll.

Biaya (Tahun 2014): 
a. Kelompok Bermain
Formulir: 450.000
Uang pangkal: 5.500.000
Dana Tahunan: 2.250.000
Spp: 550.000
Seragam: 225.000

b. TK A
Formulir: 450.000
Uang pangkal: 9.000.000
Dana Tahunan: 2.500.000
Spp: 650.000
Seragam: 500.000

c. TK B
Formulir: 450.000
Uang pangkal: 7.000.000
Dana Tahunan: 2.500.000
Spp: 650.000
Seragam: 500.000
    

2. Shining Stars / Preschool - Kindergarten
Lokasi dan akses:
Bertempat di Jalan Elang, masuk dari arah McD sektor 9 ke arah jalan Elang dekat komplek senayan. Bangunan Shining Stars dulunya sebuah rumah yang dirombak dan dibangun ulang dengan menggunakan material alam menjadikan tampilan sekolah menjadi lebih apik dan berseni tinggi.  Selain itu arsitektur bangunan Shining Stars memenangkan award juga loh. Tampak dari luar bangunan seperti tertutup, namun jika masuk ke dalam kita bisa menikmati area lebih luas dan tertata. 

Metode:
Metode pembelajaran active learning dan tematik. Berdasarkan testimoni guru Shining Stars menerapkan penguatan konsep matematis dalam kehidupan sehari-hari. 

Tenaga pengajar:
Terdiri dari para pengajar dengan sebutan 'Miss'. Rasio guru dan anak dalam satu kelas sebanyak 3 guru berbanding 18 anak. 

Bahasa pengantar: Bahasa Inggris

Fasilitas: Kantin,arena main pasir, taman, library, 

Biaya: Sekitar 11 juta biaya masuk, belum termasuk SPP. 

3. An-Nisaa'
Lokasi dan akses: Jalan Jombang Raya No. 25 A Pondok Aren - Tangerang Selatan. 

Metode:
Metode pembelajaran yang ditawarkan selain akademis juga memiliki nilai plus yaitu membangun karakter anak melalui metode yang diadaptasi '7 Habit by Stephen Covey'. An-Nisaa' juga satu-satunya sekolah di Indonesia yang memiliki lisensi resmi dari Amerika untuk menerapkan 7 Habit. Nuansa karakter positif juga bisa terlihat dari nama-nama ruangan kelas kelompok bermain seperti Sincere, Honest Class, Modest and Togetherness Class. Walaupun sekolah An-Nisaa' memiliki unsur Islami tapi dalam praktiknya cenderung moderat.  MIsalnya saja sekolah tidak menerapkan aturan murid perempuan harus datang ke sekolah pakai jilbab.

Tenaga pengajar:
Terdiri dari Bapak dan Ibu guru. (Guru perempuan KB-TK dipanggil Miss)

Bahasa pengantar: Bahasa Indonesia

Inklusif: tidak

Fasilitas: Kantin, antar-jemput, ruang multimedia, aula, kolang renang dan lapangan bermain.

Biaya (Tahun 2015): 
a. Formulir: 275.000
b. Uang pangkal KB Kecil: Tunai 7.500.000 (Untuk 2 tahun pelajaran sampai KB besar)
c. Uang pangkal KB Besar: Tunai 5.500.000
d. Uang Pangkal TK A-TKB 14.500.000
d. Uang SPP
    - KB Kecil: 750.000/ bulan
    - KB Besar: 775.000/ bulan
    - TK: 950.000
e. Uang POMG: 125.000 (untuk 1 tahun pelajaran)
f. Perpustakaan: 175.000 (untuk 1 tahun pelajaran)

4. Auliya KB dan TK
Lokasi: Jalan Jombang Raya

Metode: 
Metode pengajaran bernuansa Islami dengan sistem 'moving class'. Yaitu siswa belajar dari kelas ke kelas seperti art, music and movement, computer, dan lain-lain. Misalnya hari Senin siswa belajar di kelas seni (art class), besoknya kelas komputer, besoknya lagi music and movement, berbeda-beda tiap harinya selama 5 hari. 
Masuk pukul 7.45 - 10.30, KB dan TK Auliya mewajibkan siswa perempuannya memakai kerudung ke sekolah.

Tenaga pengajar: 
Terdiri dari ibu guru, satu kelas terdiri dari sekitar 20 siswa. Satu kelas 2 guru, masing-masing guru bertanggung jawab atas 10 siswa.

Bahasa pengantar: Bahasa Indonesia

Fasilitas:
indoor playground, lab komputer, aula

Biaya:
TK A dan B (Tahun 2015)
a. Formulir: Rp250.000
b. Uang pangkal Rp14.300.000
c. SPP Rp900.000
Semua biaya sudah mencakup seragam dan kegiatan outing sekolah.


   Memilih sekolah ideal buat anak bisa dibilang gampang-gampang susah.  Biasanya orangtua harus melakukan survei dulu sekolah mana yang dituju ditinjau dari banyak sisi. Faktor yang dipertimbangkan misalnya jarak dari rumah, metode pendidikan, biaya, fasilitas, tenaga pengajar, dan lain sebagainya. Dibilang mudah kalau kriteria sekolah ideal itu sudah ditemukan.  Sedangkan susahnya saat semua konsep sekolah ideal TIDAK ADA ada di satu sekolah. Misalnya saja Sekolah A bagus tapi butuh perjalanan lama, sedangkan B dekat eh fasilitas kurang mumpuni, dan ada pula sekolah favorit C dengan kurikulum standard internasional, begitu ngintip biayanya mencapai satu unit mobil Honda Brio. Nah, pusing deh tuh...

     Kebingungan cari sekolah ideal anak sedang terjadi juga sama saya. Rencana menyekolahkan Sera tahun 2016 jadi harus survei dari sekarang.  Berdasarkan hasil baca di blog dan forum tentang paud-TK yang direkomendasikan ternyata harus daftar jauh-jauh hari karena peminatnya banyak sekali. Bahkan antriannya bisa sampai setahun atau dua tahun sebelum tahun ajaran si anak bersekolah.  

     Selain itu, beberapa sekolah mengutamakan muridnya yang pernah bersekolah di TK sebelumnya untuk masuk ke SD yang sama. Contohnya SD A mengutamakan murid TK A tersebut dalam daftar siswa baru mereka, baru setelah itu membuka untuk kalangan luar. Dari faktor harga pun melanjutkan ke SD yang sama ada potongan harga jadi lebih murah. Jadi saran saya pilih TK sekaligus SD yang sama lebih untung dari sisi ekonomis dan si anak juga bisa diutamakan dalam daftar calon siswa baru. 

     Dari keempat pilihan sekolah tersebut saya lebih condong ke sekolah An-Nisaa' karena ada nilai plus program pembangunan karakter positif anak. Hal ini sesuai dengan visi pengasuhan saya dan suami selama ini yang sedang menanamkan porsi karakter/budi pekerti/akhlak lebih dari akademis . Nah, kalau Sera suka sama sekolah An-Nisaa' nya karena ada kolam renangnya. He-he-he.

    Biaya juga salah satu faktor yang patut dipertimbangkan matang.  Saya dan suami pilih nabung untuk sekolah Sera melalui Reksadana semenjak Sera lahir.  Dengan proyeksi kenaikan biaya sekolah per-tahun, untuk angsurannya kami sesuaikan dengan biaya sekolah yang dituju pada saat si anak masuk sekolah. 

    Semoga informasi sekolah ini membantu Ayah Bunda memilih sekolah terbaik untuk putra-putrinya, ya. 


14 komentar:

  1. wah seru yaaa hunting sekolah bwt Sera. semoga betah dan seneng sekolah deh.
    semoga An Nisaa' yg terbaik bwt Sera. *hug* ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru banget Mbak.. Aamiin.. Tahun depan insya Allah sekolahnya. Makasiih ya Mama Dee.... *hug*

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Mb..mau tanya..anak q rakyat Malaysia nih..mau cari tk atau playgroup yg cocok utk nya di bali..umur nya 5thn...ada gk sekolah Malaysia di bali??makasih ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau untuk sekolah seputar Bali sy kurang paham mba Bella, makasih dah mampir yaah..

      Hapus
  4. aku naksir auliya...tapi deket sini ada alfath seh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh iya ada alfath.. carinya yg model2nya sekolah islami juga yah mba echa?!

      Hapus
    2. Lagi gugling annisa mampir sini lagi hahaha...lagi liat2 amelia juga ini...

      Hapus
  5. makasih infonya mom, kebetulan saya juga lg nyari sekolahan islam

    BalasHapus
  6. Bun, terima kasih review nya. Kebetulan lagi cari-cari sekolah buat Aqila. Masih galau juga karena ada rencana mau pindah ke luar kota, he he tapi udah agak naksir sama Auliya karena sepupu Aqila dulu sekolah disana dan bagus basis agamanya. Dimanapun itu semoga yang terbaik untuk anak-anak kita ya Bun.

    BalasHapus
  7. saya jg sedang mempertimbangkan anak saya utk sekolah di annisa. Kebetulan jg sangat dekat dr rmh

    BalasHapus
  8. Hallo mommies .. Mau tau sharing nya ttg alfath bsd dan auliya bintaro .. Bagaimana pengalaman nya selama anak nya sekolah disana..unsur agama&bahasa inggris nya bagaimana? Thanks

    BalasHapus
  9. informasi yang menarik dan menambah wawasan saya dalam mengenal sekolah PAUD. THAKS

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungan dan komentar Teman-teman :)